Selasa, 08 Mei 2012

Poster Bahasa Inggris

Salah satu kegiatan paling menarik buatku adalah buat poster bahasa inggris yang merupakan kegiatan pelajaran bahasa Inggris. Aku dikelompokin dengan Septa, Yani, Nadia, dan Riska. Pertama, kami melakukan pertemuan di rumahku. Di rumahku kami menentukan tema apa yang cocok dijadikan poster.

Nominasi Tema Poster kami adalah    :
1) Pencemaran udara di kota
2) Global warming
3) Pendidikan, kalau ini aku yang ngusulin

Lalu kami coba-coba bikin konsep posternya. Kucoba bikin konsep pencemaran udara yang menjadi latarnya kota dengan pabrik yang besar. Tapi ku beranggapan kalau tema ini udah biasa aku maunya tema yang nggak biasa. Kucoba lagi bikin konsep Global Warming dengan latar kutub utara yang ada pinguin-pinguin kepanasan yang lagi makan es krim ( sebenarnya tema ini kuambil dari gambar yang pernah mbak ku buat ada pinguin sama mobil penjual eskrimnya ). Tapi tema ini juga belum sreg. Ya udah berakhirlah pertemuan kami yang pertama.

Besoknya, ku lihatin konsep poster pendidikan buatanku di sekolah. Mereka bilang bagus dan terserah aja temanya yang penting temanya gak biasa. Karena menurut survey yang ada, kebanyakan  tema poster itu tentang lingkungan termasuk pencemaran. Jarang tuh ada yang bikin poster pendidikan dan karena itulah Tema Pendidikan terpilih menjadi tema poster kami.

Pertemuan kedua, di rumah Yani malam-malam.Aku sudah buat posternya dikarton.Posternya berwujud  seorang anak laki-laki dan perempuan berbaju SMP lagi baca buku.Dan dibawahnya ada tulisan " With Learning we can change the world". Teruz ada anak cowok dan cewek lagi nonton berita tentang pendidikan di TV. Lalu ada juga kucing yang berkata " MEONG...MY BRAIN". Teruzz aku suruh mereka datang ke rumahku. Mereka pun datang dan kusuruh lah mereka mewarnai poster itu. Tapi aku punya ide lagi. Gimana kalau posternya di kasih background kotak-kotak tapi warna kotaknya selang seling kayak catur. Kuambillah penggaris 60 cm. lalu kugarisi dengan rasa antusias. Terus ku mikirin warna apa yang cocok buat backgroundnya asalkan warnanya gak tabrakan sama warna gambar di depan background. Dipilihlah warna biru dan kuning. Karena udah larut malam posternya di bawa sama Yani biar diwarnai sama dia. Paginya di sekolah, ternyata posternya belum jadi, maka pagi itu juga diseleseikan. Dan Akhirnya selesei. HOREEEE ALHAMDULILLAH.

Eh gak tahunya, pas pelajaran bahasa indonesia kami malah disuruh mempresentasikan poster kami. Masing - masing kelompok maju. Kelompok kami sempat panik karena aku kan yang bikin posternya jadi yaaaa maknanya belum ada yang tahu. Jadi ku kasih tahu maknanya padahal diriku saja tak tahu makna poster yang kubuat. Maknanya pun asal-asalan tapi logis dan nyambung juga.

Berikut maknanya  :
1) Anak berseragam yang lagi baca buku   : Siswa Indonesia yang belajar dengan rasa semangat.
2) Kopi ( aksesoris tambahan )                  : Belajar itu bisa santai
3) Kucing                                                  : Kucing aja punya otak masa' kamu enggak???
4) Berita di TV dengan kata - katanya        : Menceritakan kondisi pendidikan di Indonesia yang kacau.

Dan inilah Posternya :




Ya Itulah poster ku dan kelompokku. Baguskan. Semoga bisa jadi referensi kalau mau bikin poster juga. Semoga bermanfaat.....BYE




Tidak ada komentar:

Posting Komentar