Jumat, 05 April 2013

Fauna Australis



Wilayah Fauna Australis atau wilayah fauna tanah sahul meliputi wilayah Papua dan pulau kecil di sekitarnya.Antara fauna peralihan dengan fauna australis dibatasi oleh garis Weber.Ciri khas fauna Australis yaitu fauna berkantung.Faunanya mempunyai kemiripan dengan fauna di Australia karena pada zaman dahulu Papua menyatu dengan Australia, kemudian daerah Papua terpisah dengan Australia dengan terbawanya fauna dengan cirri khas Australia.Fauna Australis memiliki ciri – cirri seperti banyak jenis burung berbulu indah, adanya hewan berkantung, dengan 1 jenis monyet atau kera.
Jenis Fauna Australis, antara lain :
a.      Mamalia, antara lain kangguru, wallaby, beruang, landak Papua, Oposum Layang, dan kangguru pohon.
b.      Reptil, antara lain buaya, ular, kadal, biawak, dan kura-kura.
c.       Burung, antara lain nuri, cendrawasih, dan Kasuari.

Gambar Fauna Australis.

 Kanguru Pohon di Papua


 Penangkaran Kanguru di TN Wasur



Kangguru di daerah Papua Memiliki tubuh yang lebih kecil dibanding kangguru di benua Australia.Kangguru di daerah Papua termasuk hewan yang dilindungi di Taman Nasional daerah Papua.





Kasuari di Papua



Burung Cendrawasih adalah burung yang terdapat di daerah Papua dan termasuk fauna australis.Burung Cendrawasih disebut juga burung sorga, karena bulunya yang indah.Karena bulunya yang indah burung ini banyak diburu akibatnya burung cendrawasih menjadi langka.Burung cendrawasih ada 2 jenis, yaitu cendrawasih merah dan cendrawasih biru.Sekarang burung cendrawasih dapat dijumpai di beberapa Taman Nasional di daerah Papua.


 Kasuari diperlengkapi tanduk di atas kepalanya, yang membantu burung ini sewaktu berjalan di habitatnya di hutan yang lebat. Selain tanduk dikepalanya, kasuari mempunyai kaki yang sangat kuat dan berkuku tajam. Burung kasuari betina biasanya berukuran lebih besar dan berwarna lebih terang daripada jantan.
  FOREST FOR ANIMALS !! Kakatua (suku Cacatuidae) adalah jenis burung hias yang memiliki bulu yang indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring. Spesies ini termasuk salah satu burung dengan kecerdasan yang cukup bagus, sehingga sering digunakan untuk acara-acara hiburan di kebun binatang atau tempat hiburan lainnya. 

 Wallaby

 Burung Cendrawasih

Burung Kakatua


Suku kura-kura leher ular menyebar terutama di Papua dan Australia serta pulau-pulau di sekitarnya.
Biawak Papua, Varanus salvadorii (juga disebut Biawak Salvadori, Biawak Buaya, atau Artelia) adalah biawak yang hidup di pulau Papua. Biawak ini dapat ditemui di rawa-rawa mangrove, dan hutan hujan pantai di bagian tenggara pulau. Terdapat rumor bahwa Biawak Papua dapat tumbuh sekitar 4,75 meter, yang membuatnya menjadi kadal terpanjang di dunia, tetapi catatan terpanjang hanya 2,44 meter.

 Kura-kura leher panjang

Biawak


TERIMA KASIH ! SEMOGA BERMANFAAT !

OLEH :

JEHAN
RAJIN MEDIA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar