Selasa, 08 Mei 2012

Pengalaman Jadi Guru

Haiiii, .... kali ini aku mau share lagi pengalamanku pas aku jadi guru.

Waktu kelas 3 SMP ini aku pernah dipanggil sama guruku disuruh jadi guru alias tentor. Awalnya deg-degan. Waktu itu aku disuruh ngajar matematika untuk kelas 9C. Awalnya ragu-ragu takut salah ngajar. Akhirnya dipilihlah Aku ( Jehan ), Rada, Ayu, Yani, dan boleh nambah lagi anggota gurunya. OKE...Awalnya peserta gurunya banyak dan gak tahu kenapa, pas datang jam 2 siang  ( Waktu bimbel ) Peserta guru yang mau ngajar yang datang cuma 4 orang yaitu aku, Yani, Rada, sama Ayu. Ya udah lah, langsung kami ke lab tempat anak 9C bimbel. Pas masuk kami di buatin kelompok belajar. Aku sempat tukar kelompok sama Yani karena muridnya Yani cowok semua, dan kami pun bertukar. Sabar sekali aku harus ngajar 8 orang sendirian. Kerepotan melanda dimana-mana. Rada pun sempat ngeluh sama aku tentang murid yang dia ajarin. " Susahh...". Tapi ku berusaha tetep enjoy walau agak kerepotan karena kekurangan tenaga pengajar. Aku harus tetep enjoy karena ini tugas. Padahal besoknya ada try out. Gak papa sekalian belajar, hehehe.
Aku ngajarnya pakai sistem empat-empat. Jadi, pertama aku ngajarin 4 orang dulu terus lanjut lagi 4 orang berikutnya dengan materi yang sama. Untunglah selama aku menjelaskan materi masih ada murid  yang connect.

Selain di sekolah aku juga ngajar di rumah. Aku ngajarin kalau ada yang datang. Biasanya temanku yang minta diajarin datangnya pas mau ada try out. Kuajarkan mereka dengan rasa ikhlas.

Ada juga temanku yang kuajarin. Waktu itu dia niat sekali belajar sama aku. Kujelasin dengan hati tulus dan slowly motion. Pas selese belajar, ku kasih dia tes daya serap. Soalnya isian. Aku buat soal itu dengan jawabannya yang ku ambil dari materi yang kutulis di papan tulis. Dia sempat belajar beberapa menit. Tahunya pas sudah ngerjain dan kukoreksi masih banyak salahnya. Tapi gak papa kan baru belajar.

Terus dia pernah minta belajar lagi sama aku tapi aku menolaknya karena aku lagi sibuk belajar juga. Terus dia SMS begini sama aku. " Kamu memang gak suka kan sama aku. soalnya aku ini parasit untukmu..." Aku kaget sekali melihat sms begitu. Aku jadi merasa bersalah sama dia..... huhuhu....  MAAFIN AKU YAAAAAA......AKU BUKAN GAK MAU NGAJARIN KAMU, CUMA WAKTUNYA YANG TIDAK PAS, SOALNYA AKU SUDAH STOP NGAJAR KALAU BESOK ITU SUDAH UN.....AKUPUN GAK MAU KALAU WAKTU BELAJARKU BERKURANG....MAAF YAAAAA. BUAT KAMU AKU LIKE KARENA CUMA KAMU MURIDKU YANG PALING MAU PERHATIKAN AKU PAS NGAJAR.

Ternyata ngajar itu tidak mudah, ada saja rintangannya. Aku sadar betapa lelahnya guru yang ngajarin murid-muridnya. Harusnya murid-murid  memperhatikan gurunya kalau lagi jelasin. Murid pun harusnya tau keadaan gurunya yang dalam keadaan lelah karena sering di cuekin sama muridnya.AKU APRECIATE BUAT GURU-GURU YANG NGAJAR DI SEKOLAH. Ya udah itu aja pengalamanku. Semoga bermanfaat dan terhibur.............BYE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar