Sabtu, 23 Maret 2013

Geografi SMA : Atmosfer

Apa siih itu atmosfer ? kita sering dengar kata ' atmosfer ' tapi tahu kah apa itu atmosfer ?

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti  bumi.

Atmosfer terdiri atas beberapa gas yaitu :
  • Nitrogen : 78 %
  • Oksigen : 20 %
  • Argon : 0,93 %
  • Karbondioksida : 0,03 %
  • Gas lain

Atmosfer memiliki 5 lapisan yaitu :
  1.  Troposfer : Lapisan atmosfer terbawah. Memiliki ketinggian 0 - 12 km. Troposfer bagian atas memiliki suhu yang lebih dingin. Jadi semakin ke atas semakin dingin. Di troposfer ini pula terjadi gejala cuaca seperti hujan, awan, petir, badai, topan, pelangi, DLL. Di kawasan kutub ketinggian tropopause ( bagian yang paling atas troposfer ) mencapai 8 km sedangkan di daerah tropis mencapai 16 km. Setiap ketinggian naik 100 m, suhu di Troposfer turun 0,6 derajat celcius.
  2. Stratosfer :  Terletak di ketinggian 12 - 60 km. Di dalamnya mengandung ozon untuk melindungi Bumi dari radiasi sinar ultra violet. Kebalikan dengan Troposfer, stratosfer semakin ke atas semakin panas suhunya. Hal itu disebabkan oleh lapisan ozon yang menangkal radiasi sinar matahari.
  3. Mesosfer : Terletak di ketinggian 60 - 80 km. Fungsinya sebagai pelindung dari benda langit yang berpotensial jatuh ke bumi seperti meteor. Jadi, benda langit yang melewati mesosfer sudah hancur atau terkikis sehingga tidak membahayakan. Mesosfer jika semakin ke atas semakin dingin. Pada lapisan ini atmosfer memiliki suhu paling rendah yaitu -100 derajat celsius.
  4. Thermosfer : Terletak di ketinggian 80 -  300 km. Semakin ke atas semakin panas. Di lapisan inilah  gelombang radio di pantulkan.
  5. Eksosfer : Terletak di ketinggian lebih dari 300 km. Berfungsi sebagai tempat satelit buatan berada.

     
  
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA !!!

OLEH :

JEHAN

1 komentar: