Sabtu, 23 Maret 2013

Geografi SMA : Apa itu cuaca dan Iklim ???

Hai,,,, assalamualaikum ...

Cuaca dan iklim kadang nyaris disamakan sama orang awam. Nih, aku beri maksud yang membedakan keduanya.

Cuaca adalah keadaan udara pada wilayah yang sempit dan dalam jangka waktu yang singkat. Ilmu yang mempelajari cuaca adalah Meteorologi.
Contoh : Hujan, mendung, Cerah, Berawan.

Iklim adalah keadaan cuaca atau udara pada wilayah yang luas dan penelitiannya butuh waktu yang lama. Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut Klimatologi
Contoh : Iklim tropis, subtropis, sedang, dingin.

Tetapi keduanya memiliki faktor  berpengaruh yang sama atau unsurnya, yaitu:
  1. Suhu
  2. Tekanan udara
  3. Kelembaban udara
Pertama, suhu adalah ukuran derajat panas dinginnya suatu benda atau materi. Suhu dipengaruhi oleh lama penyinaran matahari, sudut datang sinar matahari,  relief bumi, banyaknya awan , dan perbedaan letak lintang. Suhu dapat diukur menggunakan termometer.

Kedua, tekanan udara menunjukkan tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan massa udara. Tekanan udara semakin rendah bila semakin tinggi dari permukaan laut. Satuan tekanan udara adalah milibar ( mb ). Pada peta, dapat kita temukan garis yang menghubungkan tempat-tempat dengan tekanan udara sama disebut isobar. Daerah yang terkena sinar matahari tekanan udaranya rendah. Sehingga terjadi pergerakan udara dari tempat bertekanan tinggi ke tekanan rendah. Itulah yang disebut ANGIN. Alat yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan angin disebut anemometer.Alat yang mengukur tekanan udara disebut barometer.

Ketiga, kelembaban udara yaitu kandungan uap air di udara. Semakin tinggi kelembaban udara maka semakin tinggi curah hujan. Alat untuk mengukur kelembaban udara disebut Hygrometer.

Jadi, sudah jelaskan antara cuaca dan iklim !!!

Terima Kasih Telah Membaca Artikel ini !!! Oleh : Jehan...




1 komentar:

  1. Ayo nah, ada yang komen !!! supaya kalau ada yang kurang dan kesalahan bisa diperbaiki....

    BalasHapus