Jumat, 14 Juni 2013

Tips Menghadapi Ujian Matematika



Ini nih yang sering bikin sebagian sobat pada kecapekan, galau, dan pilu. Yups… sebagian dari pelajar Indonesia pasti galau kalau ketemu Ujian Matematika. Sebagian dari sobat mungkin ada yang DOWN duluan pas ngeliat soal – soal matematika yang penuh ANGKA. Hmmm gimana yah caranya supaya sobat-sobat bisa dengan MUDAH dan NYAMAN mengerjakan soal Matematika. Yuks simak tipsnya berikut ini !!!

  1. Banyak Latihan Jangan Banyak Omong


Jika kita banyak mengerjakan latihan soal-soal matematika pasti dengan mudah kita bisa mengerjakan soal – soal matematika yang bentuknya mirip. Hal itu disebabkan otak akan menyerap suatu proses yang dilakukan berulang-ulang atau pernah dilakukan. Seperti contoh kita pernah nonton suatu adegan film yang keren sekali bagi kita pada bulan Januari. Pada tahun yang sama, pada bulan Agustus kita tonton lagi film itu. Memang awalnya agak lupa jalan ceritanya tapi ketika mulai memasuki adegan yang sangat kita sukai itu pasti seluruh memori kita tentang film tersebut akan teringat kembali bahkan sampai akhir dari film itu. Dan ingat jangan banyak omong. Maksudnya jangan cepet protes dengan soal matematika yang baru kita temui. Pikirkan caranya perlahan dan TING TONG ketemu deh jawabannya. Ingat Mencoba adalah kesuksesan.

2.    Try Again, Try Again


Artinya Coba lagi, Coba lagi… Ingat sobat, kalau ketemu soal matematika yang rumit lakukan cara yang sobat dapat lakukan. Lakukan secara urut atau bahasa kerennya sistematis. Kalau nggak dapat jawabannya, coba lagi mungkin dengan cara yang lain. Dalam mengerjakan matematika, pasti banyak solusi atau cara alternative… Jadi buat sobat semua jangan terpaku pada satu cara.

3.    Teliti


Ini nih biang keroknya kita gagal kalau ujian. Dalam mengerjakan soal matematika kita dituntut untuk teliti. Baik dari proses maupun hitungannya harus PASTI. Mulailah mengerjakan soal dengan cara yang bagi kita paling enak dan simple lalu lakukan dengan teliti. Kita bisa menghitungnya dua kali jika waktu tersisa cukup banyak.

4.   Doa


Ini dia tips yang harus dilakukan baik dari menjelang mengerjakan soal sampai berakhirnya ujian. Jangan lupa ya selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT, karena dengan usaha yang kita lakukan Insya Allah,  Allah SWT akan memberikan balasan yang setimpal berupa nilai yang KINCLONG !!! AMIIIIN !!! 


Semoga Bermanfaat !!

By : Jehan Vahlepy

Wassalamualaikum wr wb

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Yaps... aku sudah nyoba yg no. 1, 2, 4 tapi yang no. 3 tentang ketelitian masih sering ketinggalan... padahal udah mau niat untuk teliti... :) KEEP SPIRIT

    BalasHapus
  3. Yang namanya latihan kalau nggak niat ya gak ada hasilnya ...

    Jadi menurutku, ada satu tambahan lagi disitu yaitu NIAT



    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul-Betul-Betul.... Niat adalah yang UTAMA... yang FIRST...
      guruku selalu bilang kayak gini :

      " Nak, niat dulu yang benar pasti nanti hasilnya OKE "

      Hapus
  4. Hehehe iya, pasti guru bilangnya kayak gini juga :

    " Nak, jangan lupa ya... Teliti kalau ngerjakan soal "

    Nasehat yang baik !!! :)

    BalasHapus