Minggu, 24 Maret 2013

Geografi SMA : Curah Hujan

Hai,,,, assalamualaikum....

Kalau sebelum pernah dibahas materi tentang atmosfer, cuaca dan iklim, kali ini kita akan belajar tentang Curah Hujan yang masih memiliki hubungan dengan materi atmosfer, cuaca, dan iklim...

Apa Itu Curah Hujan ???

Curah hujan adalah jumlah air yang turun dari atmosfer ke permukaan bumi di suatu tempat dan waktu tertentu. Alat untuk mengukur curah hujan adalah rain gauge. Curah hujan di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor :

1. Topografi
2. Arah lereng medan
3. Arah angin sejajar dengan garis pantai
4. Jarak perjalanan angin di bidang datar

Hujan adalah butir - butir air yang jatuh dari awan ke permukaan bumi. Garis pada peta yang menghubungkan tempat dengan curah hujan yang sama disebut Isohyet.

KLASIFIKASI HUJAN

A. Berdasarkan ukuran butiran

1. Hujan gerimis/ drizzle, yaitu hujan dengan butir air kurang dari 0,5 mm.
2. Hujan Salju , yaitu kristal-kristal es dengan temperatur udara di bawah titik beku
3. Hujan Batu Es , yaitu turunnya/ limpahan batu es pada cuaca panas dan berasal dari awan yang berada pada temeratur di bawah titik beku.
4. Hujan Deras, yaitu hujan yang memiliki butiran air kurang lebih 7 mm.

B. Berdasarkan Proses Terjadinya

1. Hujan Frontal

Adalah hujan yang terjadi akibat pertemuan 2 massa udara yaitu udara panas dan dingin.

2. Hujan Zenithal/ekuatorial/konveksi/naik tropis

Adalah hujan yang disebabkan oleh pemanasan yang tinggi. Umumnya terjadi di kawasan tropis antara 23,5 LU dan 23,5 LS. Umumnya, kawasan tropis akan mengalami hujan zenithal sebanyak dua kali dalam setahun.berasal dari awan konvektif seperti kumulo nimbus . Hujan ini jatuh deras dengan intensitas yang cepat berubah. Hujan konvektif jatuh di suatu daerah dalam waktu yang relatif singkat

3. Hujan Orografis

Adalah hujan yang disebabkan oleh adanya udara yang mengandung uap air dipaksa menaiki lereng pegunungan. Karena suhu di atas pegunungan memiliki temperatur yang rendah / dingin sehingga mengalami kondensasi dan turun hujan. Kawasan lereng di sebelahnya tidak hujan, melainkan terkena angin jatuh yang kering.

Bentuk dan ukuran butir hujan. sumber : wikipedia



Hujan Orografis

Hujan Zenithal

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA ! SEMOGA BERMANFAAT !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar