Sabtu, 06 April 2013

Posisi Pemain dalam Permainan Bola Basket



5 posisi pemain bola basket adalah

1.    Point Guard (PG)

Tugasnya adalah membawa boladan memberikan passing pada temannya.Dia yang
mengatur irama permainan timnya, apakah cepat atau lambat. Biasa juga disebut playmaker.Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang berbadan kecil tapilincah dan jago mendribel.

2.    Shooting Guard (SG):

Seperti namanya, SG adalahorang yang punya tugas untuk menembak bola dari
jarak-jarak yang cukup jauh. Dia harus cepat bergerakdan mencari posisi yang kosong untuk melepaskantembakan. Posisi ini biasanya dipegang oleh orangyang paling bagus akurasi shootingnya.

3.    Small Forward (SF):

 SF punya tugas mencetakangka. Dengan kata lain seorang SF harus mampu
menerobos pertahanan dan melakukan lay-up ataudunk, juga melakukan shoot dari jarak-jarak tertentu..Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang punyatekhnik hebat dan jago mencetak angka.

4.    Power Forward (PF):

PF tugasnya adalah merebound bola.Rebound sangat penting, jika dalampertahanan, rebound penting agar bola tak kembali ketangan musuh. Jika dalam penyerangan, rebound penting untuk kembali menciptakan kesempatan membuat angka. Biasanya posisi ini dipegang olehorang yang lompatannya tinggi dan badannya cukupbesar untuk beradu fisik.

5.    Center (C):

C tugasnya di pertahanan danpenyerangan. Pada pertahanan, ia harus mampu mengamankan ringnya dari tembakan jarak dekatseperti lay-up atau dunk musuh.. Pada penyerangan,C harus mampu melihat posisi teman-temannya danmemberikan umpan pada teman yang kosong ( karenaposisinya di tengah, sehingga mudah memberi umpanke sisi manapun). Selain itu dia pun harus kuat beradu fisik dengan musuh untuk mencetak angka dibawah ring. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang badannya paling tinggi dan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar