Sabtu, 06 April 2013

Kondisi Belajar Untuk Berbagai Jenis Belajar



Kondisi Belajar Untuk Berbagai Jenis Belajar

Gagne (dalam Richey, 2000) menyatakan bahwa dibutuhkanbelajar yang efektif untuk berbagai jenis/ kategori kemampuan belajar.Kondisi belajar dibagi atas lima kategori belajar sebagai berikut:

1.       Keterampilan intelektual (Intellectual Skill):


Untuk jenis belajar ini, kondisi belajar yang dibutuhkan adalah pengambilan kembali keterampilan bawahan (yang sebelumnya). Pembimbing dengan kata-kata atau alat lainnya, pendemonstrasian oleh siswa dengan diberikan balikan, pemberian review.

2.       Informasi verbal(Verbal Information):


Untuk jenis belajar ini, kondisi yang dibutuhkan adalah pengambilan kembali konteks dari informasi yang bermakna, kinerja (performance) dari pengetahuan baru.

3.       Stategi kognitif (Cognitive Strategy/problem solving):


Untuk jenis belajar ini, kondisi yang dibutuhkan adalah pengembalian kembali aturan-aturan dan konsep-konsep yang relevan, penyajian situasi masalah baru yang berhasil, pendemonstrasian oleh siswa.

4.       Sikap(Attitude):


Untuk jenis belajar ini, kondisi belajar yang dibutuhkan adalah pengembalian kembali informasi dan keterampilan intelektual yang relavam dengan tindakan yang diharapkan. Pembentukan atau pengingatan kembali model manusia yang dihormati, penguatan tindakan pribadi dengan pengalaman langsung yang berhasil maupun yang dialami oleh orang lain dengan mengamati orang yang dihormati.

5.       Keterampilan motorik (Motor Skill):


Untuk jenis belajar ini, kondisi belajar yang dibutuhkan adalah pengambilan kembali rangkaian unsure motorik, pembentukan atau pengingatan kembali kebiasan-kebiasan yang dilaksanakan, pelatihan keterampilan-keterampilan keseluruhan, balikan yang tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar