Minggu, 24 Juni 2012

Ilmu Itu Bulat !!!

 Assalamualaikum  wr   wb

Kawan, teman, sobat, gan-agan semua... HT  nih...

 
HT

HOT THREAD IN JEHANPUNYA BLOGSPOT.COM
                                             
Tahu kah kamu kalau Ilmu Itu Bulat ??? Ya tentu... kalau mendengar  " bola itu bulat " atau " Bumi itu bulat " sudah biasa. Tapi bagaimana dengan " ilmu itu bulat " ??? Nah, inilah yang akan menjadi tema artikel hari ini.

ILMU ITU BULAT.

Tahu artinya ??? Maksudnya adalah ilmu itu saling berhubungan dan tidak dapat dipisah-pisahkan. Tidak bisa Dipisahkan dengan apa ??? Ya, tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari dan juga ilmu lain yang jumlahnya banyak.

Saya ambil contoh  : Pelajaran fisika tentu banyak menggunakan hitungan , seperti mengukur kecepatan, kedalaman, daya, DLL. Dan semua itu tidak dapat dipisahkan dari ilmu Matematika yang menjadi dasar ilmu fisika. Lalu, ilmu matematika dan fisika sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti penghitungan jumlah suku bunga tabungan di bank atau menghitung kedalaman laut.

Contoh simpel seperti itu sudah menunjukkan bahwa ILMU ITU BULAT. Tanpa ilmu hidup akan sulit. Apalagi di era yang semakin modern, tidak mungkin kita hidup tanpa peran serta ilmu pengetahuan. Tidak lah sulit melakukan penerapan ilmu ini. Hanya saja diperlukan niat besar agar yang kita lakukan bisa dijadikan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat melalui ilmu pengetahuan yang simpel bisa dimulai dari skala kecil hingga skala besar. Seperti pada pemanfaatan limbah urin manusia menjadi bahan bakar alternatif ( Salah satu inovasi murid Indonesia ). Atau yang paling simpel adalah melakukab penyuluhan dan imunisasi di daerah sekitar kita. Bisa juga dengan mengajarkan penduduk lokal membangun kincir air untuk pembangkit listrik. Bukankah semua itu berasal dari ilmu yang sederhana. Tetapi praktis dan bermanfaat bagi masyarakat.

ILMU ITU BULAT


Hidup tanpa ilmu rasanya susah. Tetapi ilmu ini bisa dibagikan kepada orang lain.

Pertanyaan  :Mengapa Ilmu bisa dibagikan kepada orang lain, padahal ilmu itu bulat ???
Jawab :   Karena Dalam arti lain, ilmu bak tanah liat yang berbentuk bulat. Jika teman kita meminta sebagian dari tanah liat tersebut, tentu kita masih dapat membuat bentuk bulat dari tanah liat tersebut. Nah, dari penggambaran tersebut, sudah jelas ada gambaran bahwa ilmu dapat dibagikan kepada orang lain,walau yang kita berikan hanya sebagian dari ilmu kita, tetapi hal itu tidak mempengaruhi keseimbangan dalam dunia ilmu. Orang lain yang tidak tahu menjadi tahu dan Yang tahu tetap tahu akan ilmu tersebut. Tak ada kelemahan dalam " ILMU ITU BULAT " justru meningkatkan taraf ilmu orang lain.

Prinsip " ILMU ITU BULAT " tidaklah salah, melainkan membenarkan ilmu yang ada dan menyadarkan kita agar saling berbagi ilmu.

Itulah maksud dari " ILMU ITU BULAT " karya saya sendiri. Semoga bermanfaat dalam pemanfaatan ilmu. Terima kasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar