Sabtu, 23 Juni 2012

Derita Di Afrika

         Dikala kita kelebihan makanan pasti ada yang kekurangan makanan. Contohnya saja ketika negara di Eropa seperti Jerman dan Inggris sangat mudah menemukan bahan pangan, tapi di negara di benua Afrika sudah pontang panting cari makanan sampai-sampai sekitar 11,5 juta anak Afrika dilanda kelaparan. Setidaknya tiap 3 detik satu orang anak meninggal karena kelaparan. FAO bersama  World Bank sudah buat program " pertolongan untuk diri sendiri ". Apa maksudnya ??? Maksudnya adalah masyarakat yang dilanda kelaparan seperti Afrika dapat menanam sendiri bibit yang dibeli dari bantuan World Bank dan FAO. Seperti penanaman gandum yang tidak butuh banyak air. Ketahuilah Afrika memiliki iklim yang panas karenan memiliki gurun Sahara dan dilewati garis khatulistiwa. Selain karena gografisnya, masalah korupsi dan perang saudara menjadi penyebab lainnya wabah kelaparan ini.  Tidak heran, jika sebagian besar negara di benua Afrika ini termasuk negara miskin. Walaupun sebenarnya, daerah Afrika bagian tengah hingga selatan merupakan daerah subur yang kaya SDA, tetapi masalah SDM yang membuat negara-negara miskin tapi kaya SDA ini tak mampu mencukupi pangan rakyatnya.

         Di Afrika, peperangan sudah menjadi kegiatan rutin setiap harinya. Membuat rakyat yang tidak berdosa menjadi korban merupakan hal yang mengenaskan. Tak pikir panjang, sudah banyak donatur yang menyumbangkan uang nya hingga bermiliar dollar untuk Benua Hitam ini. Tapi, hal itu tidak membawa perubahan positif bagi rakyat di tanah Afrika. Lalu kemanakah semua sumbangan besar itu ? Dikorupsi kah ? Atau di biarkan saja ? Atau mungkin hanya digunakan untuk membeli senjata perang ???? Sungguh ironis... di kala negara lain makin kaya dan maju, Negara di sebagian Afrika menjadi semakin terjerumus lingkaran kemiskinan. Tidak banyak negara di Afrika yang tergolong negara berkembang. Seperti Afrika Selatan yang sukses membangun negerinya bak mutiara barat di Afrika. Juga negara Gabon yang sukses dalam pertumbuhan ekonomi dari ekspor minyak bumi yang melimpah.

       Lalu bagaimana dengan negara di Afrika lainnya ??? Negara lainnya di Afrika seperti sudah berada di tepi jurang. Siap menjadi negara gagal dan mungkin akan hilang di masa yang akan datang. Mungkin terjajah atau bergabung dengan negara lain yang lebih makmur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar