Rabu, 25 Juni 2014

Mengenal Glaukoma



Glaukoma adalah penyakit saraf optik yang menyebabkan kerusakan secara fungsional dan anatomi di mata. Biasanya disebabkan terjadinya tekanan pada bola mata. Penderita glaukoma akan mengalami kerusakan fungsional di mata, mengalami penyempitan pandangan dan kerusakan anatomi berupa bertambahnya cekungan di saraf optik.

Glaukoma adalah penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia setelah katarak. Penderita glaukoma sering tidak menyadari adanya gangguan penglihatan sampai terjadi kerusakan penglihatan yang sudah lanjut. Diperkirakan 50% penderita glaukoma tidak menyadari mereka menderita penyakit tersebut sampai mereka mengalami kerusakan mata yang parah.

Faktor resiko:

  • Riwayat Glaukoma di dalam keluarga.

  • Tekanan bola mata tinggi

  • Miopia (rabun jauh)

  • Diabetes (kencing manis)

  •  Hipertensi (tekanan darah tinggi)

  • Migrain atau penyempitan pembuluh darah otak (sirkulasi buruk)

  •  Kecelakaan/operasi pada mata sebelumnya

  • Menggunakan steroid (cortisone) dalam jangka waktu lama

  •  Lebih dari 45 tahun


JENIS - JENIS GLAUKOMA:

  • GLAUKOMA Sudut Terbuka Primer (Primary Open-Angle Glaucoma)

Glaukoma Sudut-Terbuka Primer adalah tipe yang yang paling umum dijumpai. Glaukoma jenis ini bersifat turunan, sehingga resiko tinggi bila ada riwayat dalam keluarga. Biasanya terjadi pada usia dewasa dan berkembang perlahan-lahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Seringkali tidak ada gejala sampai terjadi kerusakan berat dari syaraf optik dan penglihatan terpengaruh secara permanen. Pemeriksaan mata teratur sangatlah penting untuk deteksi dan penanganan dini. Glaukoma Sudut-Terbuka Primer biasanya membutuhkan pengobatan seumur hidup untuk menurunkan tekanan dalam mata dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

  • GLAUKOMA Sudut-Tertutup Akut ( Acute Angle-Closure Glaucoma)

Glaukoma Sudut-Tertutup Akut lebih sering ditemukan karena keluhannya yang mengganggu. Gejalanya adalah sakit mata hebat, pandangan kabur dan terlihat warna-warna di sekeliling cahaya. Beberapa pasien bahkan mual dan muntah-muntah. Glaukoma Sudut-Tertutup Akut termasuk yang sangat serius dan dapat mengakibatkan kebutaan dalam waktu yang singkat. Bila Anda merasakan gejala-gejala tersebut segera hubungi dokter spesialis mata Anda.

  • GLAUKOMA Sekunder (Secondary GLAUCOMA)

Glaukoma Sekunder disebabkan oleh kondisi lain seperti katarak, diabetes, trauma, arthritis maupun operasi mata sebelumnya. Obat tetes mata atau tablet yang mengandung steroid juga dapat meningkatkan tekanan pada mata. Karena itu tekanan pada mata harus diukur teratur bila sedang menggunakan obat-obatan tersebut

  • Congenital GLAUCOMA (GLAUKOMA Kongenital)

Glaukoma Kongenital ditemukan pada saat kelahiran atau segera setelah kelahiran, biasanya disebabkan oleh sistem saluran pembuangan cairan di dalam mata tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya tekanan bola mata meningkat terus dan menyebabkan pembesaran mata bayi, bagian depan mata berair dan berkabut dan peka terhadap cahaya. Informasi ini hanyalah pedoman umum. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi dokter spesialis mata Anda atau hubungi KMN

Deteksi & Diagnosa GLAUKOMA Pemeriksaan mata secara teratur dan deteksi dini adalah cara terbaik untuk mencegah kerusakan penglihatan akibat Glaukoma. Riwayat penyakit Anda akan diteliti dokter spesialis mata Anda untuk mencari faktor resiko Glaukoma. Sebuah alat khusus yang disebut Tonometer digunakan untuk mengukur tekanan pada mata.

Pemeriksaan LAPANG PANDANG Pemeriksaan lapang penglihatan atau Perimetry bertujuan untuk melihat luasnya kerusakan syaraf mata. Selama pemeriksaan ini Anda akan diminta untuk melihat suatu titik di tengah layar dan menekan tombol ketika Anda melihat munculnya titik-titik cahaya di sekitar layar.

Penanganan Glaukoma


  • Obat Tetes Mata

  • Laser Trabeculoplasty (LTP) 

Laser Trabeculoplasty (LTP) adalah prosedur laser yang biasanya digunakan untuk menangani Glaukoma sudut-terbuka. Ada kalanya Anda tetap perlu melanjutkan penggunaan obat tetes mata Glaukoma sesudah Laser Trabeculoplasty.


  • Operasi Filtrasi Mata (Trabeculectomy)

Tindakan operasi untuk membuat saluran baru yang akan memudahkan cairan mata keluar dari mata.

 SEMOGA BERMANFAAT

Sumber :
http://www.klinikmatanusantara.com/read/55/glaukoma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar