Senin, 05 Agustus 2013

Mewaspadai Bahan-Bahan Obat

Siapa yang tak kenal dengan benda satu ini yang selalu ada saat kita sakit. Yap, obat memang sudah menjadi kebutuhan manusia. Namun, waspadalah dengan sejumlah barang haram yang ditemukan dalam obat-obatan. Dunia medis memang sudah lama mengetahuinya, tapi apakah anda sadar obat yang anda konsumsi jelas status HALAL-nya ?

Berikut saya ulas beberapa obat maupun bahan obat yang terkadang diberikan oleh dokter.

1.Insulin

Para penderita diabetes pasti sudah tidak asing lagi dengan hormon insulin ini. Insulin merupakan hormon yang digunakan untuk mengatur gula tubuh. Pendertita diabetes memerlukan hormon insulin dari luar,  guna mengembalikan kondisi gula tubuhnya kembali normal. Insulin dapat dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan. Insulin bisa berasal dari kelenjar mamalia atau dari mikrooganisme hasil rekayasa genetika. Jika dari manusia, insulin yang paling mirip dengan manusia adalah yang dari babi.



Salah satu produk insulin terkenal di pasaran adalah Mixtard yang diproduksi Novonordisk. Ada banyak tipe mixtard yang diproduksi dengan kode produk berbeda-beda. Kandungannya ada yang berasal dari manusia yang diperbanyak dengan rekombinansi DNA dan proses mikroba, ada juga yang berasal dari hewan yaitu babi.

Informasi kehalalan produk ini sangat minim, bahkan dokterpun tidak mengetahui. Dari data internasional tahun 2003 menyebutkan :
  • 70 % insulin berasal dari manusia
  • 17% dari babi
  • 8 % dari sapi
  • 5% campuran sapi dan babi

Berikut saya kutip dari klikdokter.com mengenai insulin :

Insulin menolong tubuh untuk menggunakan glukosa yang berada di dalam darah. Kekurangan hormon insulin akan menyebabkan kadar glukosa darah tinggi (hiperglikemia), sedangkan kelebihan insulin dapat menyebabkan kadar glukosa terlalu rendah (hipoglikemia).
Tipe Insulin
Terdapat 4 buah insulin eksogen yang diproduksi dan dikategorikan berdasarkan puncak dan jangka waktu efeknya. Berikut keterangan jenis insulin eksogen :

  1. Insulin Eksogen kerja cepat.
  2. Insulin Eksogen  kerja pendek.
  3. Insulin Eksogen  kerja sedang.
  4. Insulin Eksogen campur antara kerja cepat & kerja sedang.
  5. Insulin Eksogen kerja panjang.
2. Heparin

Obat ini berfungsi sebagai anti koagulan atau anti penggumpalan darah. Banyak digunakan pada penderita sakit jantung untuk menghindari penyumbatan pembuluh darah. Hampir heparin beredar di pasar impor luar negeri. Salah satunya merek Lovenox 4000 keluaran Aventis Pharma Specialities, Perancis yang di impor PT.Aventis Pharma, Jakarta. Lovenox mengandung heparin sodium dari babi yang dengan jelas tertulis pada kemasannya. Namun, kemasannya sering dibuang sehingga kita tidak dapat mengenalinya lagi.




Ternyata kalau kita tidak ingin menggunakan obat Lovenox bisa menggunakan obat sintesis lainnya seperti Arixtra yang terbuat dari kimia sintesis yang harganya 2X lipat dari Lovenox. Keberhasilan obat arixtra juga lebih rendah daripada Lovenox yaitu hanya 60%, sedangkan Lovenox sebesar 90%.

3. Kapsul

Kapsul sebenarnya hanya bahan untuk pembungkus obat bukan bahan obat. Tapi, cangkang / kapsul ikut tertelan ketika dikonsumsi. Cangkang kapsul terbuat dari gelatin yang bersumber dari  tulang atau kulit hewan, bisa juga dari sapi, ikan, atau babi.

BPOM hanya membolehkan gelatin yang terbuat dari sapi, tapi apakah sapi tersebut disembelih secara islam ???



Namun di Indonesia sudah ada kapsul yang terbuat dari rumput laut. Jadi aman untuk dikonsumsi.

4. Alkohol

Alkohol banyak digunakan untuk melarutkan bahan aktif pembentuk obat. Obat batuk adalah obat yang mengandung alkohol di atas 1%. 


Saran saya : jika ingin konsumsi obat konsultasikan dulu dengan dokter dan jangan lupa untuk tanya bahan baku obat tersebut dan nama obat tersebut. Oke ?


Sekian, semoga bermanfaat !!! Jangan lupa pembaca yang baik selalu tinggalkan komen !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar