Minggu, 16 Desember 2012

Pendidikan : Indonesia Butuh Guru Lebih Banyak

Assalamualaikum wr wb

Seperti judul artikel di atas, saya akan mengulas tentang masalah pendidikan di Indonesia.

Salah satu unsur pendidikan adalah tenaga pengajar atau guru. Saat ini jumlah guru terbatas pada suatu daerah elit kota. Tapi, bagaimana nasib kaum yang tinggal di pedalaman sana ?

Di daerah pedalaman seperti Kalimantan, Papua, dan Sulawesi jarang terdapat sekolah yang memiliki tenaga pengajar yang melimpah. Seperti di Jawa, pusatnya pendidikan Indonesia, nyatanya disana juga kekurangan tenaga kerja. Padahal zaman dulu, ada sekolah pendidikan guru ( SPG ) yang sangat membangkitkan minat tenaga pendidikan di Indonesia. Bahkan jumlah orang yang berminat masuk SPG sangat banyak. Tapi, kenapa SPG sudah ditiadakan? . Walaupun sudah ada jurusan universitas dibidang pengajaran tetapi unsur SPG tetap harus ada. Mengapa? SPG ( Sekolah Pendidikan Guru ) adalah tiang pancang emas pendidikan Indonesia yang pertama. Siapa guru kita kalau bukan lulusan SPG? Coba tanyakan pada guru mu apakah guru senior mereka adalah lulusan SPG ? Pasti benar.


Tapi, kenapa minat pemuda/i Indonesia dibidang pengajaran kurang ? Apakah ini pengaruh kebudayaan luar yang mulai meng-expansi jiwa pemuda/i Indonesia?

ATAU

Pemuda/i tidak cinta Ilmu Pengetahuan. Bahkan menurut pengamatan saya, pemuda/i Indonesia masa kini lebih suka dengan hal yang berbau " CINTA ". Malas rasanya tiba-tiba disodorkan pemandangan anak-anak yang sedang galau ngomongin CINTA. Apakah ini salah satu penyebab surutnya minat pemuda/i menjadi guru? Jadi apa yang akan terjadi dengan anak cucu kita yang nantinya butuh pendidikan yang lebih layak?

Survei terakhir saya :

KAKEK / NENEK YANG SUDAH BERUMUR 50 TAHUN KE ATAS LEBIH CERDAS DAN KRITIS DARIPADA SEBAGIAN PEMUDA/I PEMUDI SEKOLAH MENENGAH ATAS/UMUM DAN LULUSAN SARJANA.

Miris rasanya Ilmu pengetahuan di dua-kan oleh CINTA-CINTA-AN.


 " MIRIIIIS "

MOHON MAAF BAGI ANDA YANG TERSINGGUNG, BUKAN SAYA INGIN MENGHINA PEMUDA/I INDONESIA... PEMUDA/I INDONESIA CERDAS KOK ! CUMA ADA SEBAGIAN YANG MELENCENG... SEMOGA KITA TIDAK SEPERTI ITU... AMIIIIN

ARTIKEL INI HANYA MOTIVASI UNTUK PEMUDA/I INDONESIA AGAR KELAK DEWASA INGIN MENJADI GURU !!!

HIDUUUUP GURU INDONESIA !!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar